Powered By Blogger

Search This Blog

WELCOME SOBAT SEMUA

Blog ini berisikan tulisan-tulisan Spiritual, Psikologi, Filosofi, Ilmu Sosial, Kesehatan, Bisnis dan segala hal yang menarik dan mencerahkan hidup . Semoga bisa membantu sobat pembaca semua menjalani hidup dengan lebih mudah dan nikmat.

Salam hangat,
~Garth

Tambahkan pada situs Anda

Bookmark and Share

Sudahkah Anda Bersyukur Hari ini ?

Sudahkah Anda Bersyukur Hari ini ?

Monday, January 18, 2010

Membalik Sisi Kejenuhan Hidup


Jika kehidupan tidak mengenal kata bosan, apa yang akan terjadi ? Bosan artinya tidak ada hal yang menarik untuk dilakukan, tidak ada hal yang membuat kita bisa tenggelam di dalamnya dan melupakan waktu yang sedang berjalan. Mereka yang bosan adalah mereka yang non KREATIF, orang yang kreatif tidak akan pernah bosan.:music:


Menjadi orang yang kreatif berarti menjadi seseorang yang terbuka, yang tidak terikat terhadap suatu pakem tertentu secara idealis. Orang-orang kreatif suka
berpikir laiknya bermain, untuk membuat suatu kreasi menyenangkan baru, mencakup unsur-unsur keindahan, kebaikan, dan kebenaran. Ada banyak alasan mengapa seseorang merasa bosan, namun utamanya karena orang tersebut memilih sikap reaktif. Memiliki mental tidak merdeka, yakni untuk menunggu suatu hal menyenangkan datang padanya. Menjadi proaktif tanpa terus-menerus menyalahkan situasi dan kondisi adalah langkah awal untuk keluar dari kondisi bosan/jenuh tersebut. Kondisi "tidak bermain", sama seperti pemain sepak bola yang tidak pernah kebagian bola selama pertandingan berjalan, sungguh menyebalkan.tension

Agar seseorang tidak bosan, maka emosi harus bermain, menyelaraskan antara otak kanan dan otak kiri, membangkitkan hormon-hormon bahagia. Anda melakukan suatu hal dengan penuh Gairah dan harapan serta kepercayaan diri Anda baik. Anda menari-nari dalam suatu euforia yang mempesona diri Anda. Anda berada di puncak dunia. Ada kelegaan ada tantangan, ada uji nyali. Ada gelombang-gelombang yang tidak statis. Sama seperti bersepada dan berselancar; Anda harus mampu menjaga keseimbangannya untuk tetap maju. Semua itu adalah daya dinamis menuju kepada kehidupan yang bebas bosan/jenuh.

Pola saat orang menuju titik bosan:

1. Ada rasa penasaran dan ketertarikan (Fase Godaan)

2. Berusaha mengamati lebih mendetail (Fase Pengamatan)

3.Berusaha ikut terlibat (Fase Keterlibatan)

4.Mengeksplorasi dan beraksi (Fase pembentukan pola)

5.Terbiasa dengan pola (Fase Rutinitas)-->Di sini mereka masuk tahap BOSAN

6.Pengembangan Tak Berbatas (Fase Pengembangan)-->Masuk pada tahap Prokreatifitas

Jika kita sudah mencapai pola sukses, yang perlu dilakukan adalah memelihara pola sukses tersebut dengan terus melakukan berbagai pengembangan tanpa mengubah dasar polanya. Saat Anda sudah menemukan pola paling sukses Anda, yang perlu Anda lakukan adalah menganalisanya dan memahaminya dengan baik.

Melakukan suatu hal baru setiap harinya memang membutuhkan nyali, hal-hal yeng berlum pernah dilakukan, hal-hal yang akan melontarkan diri menjadikan Anda seseorang yang lebih "besar", lebih bahagia. Butuh nyali memang, dan terus terang; gw sering merasa kesulitan untuk melakukan hal itu, perlu ada re-schedule dan to do list, perlu membangun motivasi dan prediksi-prediksi baru. Dan tentu saja suatu aksi baru. Lah, apa gunanya bagi gw? Sebegitu pentingnya hidup tidak jenuh itu memangnya? Kalo jenuh ya so what? Kalo mau gak jenuh paling tidak gw udah tahu caranya.

1. Lakukan hal baru (eksekusi tantangan baru)

2.Lakukan hal lama dengan cara baru.

Yang diperlukan adalah bermain dengan diri sendiri, membuat tantangan, membangun motivasi untuk bermain sekaligus mengembangkan diri. Buat pemetaan aksi kreatifitas setiap hari.

Aku bangun, menyambar secarik kertas dan pensil, menuliskan tantangan-tantangan yang akan kumainkan seharian ini. AKu menjadi surtadara atas film kehidupanku. Melakukan aksi eksekusi terhadap tantangan tersebut dengan dengan berbagai pendekatan cara, dengan mengelola manajemen kemungkinan dengan baik, sungguhlah asyik. Yang aku perlukan hanyalah melakukannya dengan tenang sambil terus terkoneksi dengan Sang Khalik.doa

Seorang bocah bermain dengan mainannya seharian tanpa merasa bosan, dia bermain dari hari ke hari, minggu ke minggu akhirnya ia jenuh juga. Bosan, jenuh, semua hal yang ada harus terus dikembangkan ke arah yang baik, sehat, indah, dan menarik hati, serta memotivasi tindakan untuk lebih banyak menikmati. Nampaknya itulah kunci menjalani hidup anti-bosan (Hian-bo). Caranya? Gali dan aplikasikan anugerah kreatifitas Anda dengan sabar.:lamagawa:


No comments:

Please Click ONLY for You @18+

Sekapur Sirih Sejenak

My photo
Adalah seorang sarjana sosial, anak muda ini menulis untuk terus membuat dirinya "muda" suka jalan-jalan sembari menjadi wartaone... rutinitas dan aktivitasnya sehari-hari adalah menikmati hidup dengan baik dan benar... Suara alam... belaian sejuk sepoy angin... serta terpaan sinar mentari sudah cukup untuk membuatnya bersyukur dalam hidup.